Novel SITI NURBAYA Karya MARAH RUSLI

Kategori: Balai Pustaka » Novel Berkualitas » Tentang Cinta | 353 Kali Dilihat
Novel SITI NURBAYA Karya MARAH RUSLI Reviewed by Bursa Buku Berkualitas on . This Is Article About Novel SITI NURBAYA Karya MARAH RUSLI

Jual Novel AZAB DAN SENGSARA Karya MERARI SIREGAR – Kamu udah punya novel KEREN ini belum? Kami jual novel AZAB DAN SENGSARA dari penerbit BALAI PUSTAKA lho.. Berikut sinopsis novelnya : “Marah Rusli adalah contoh sastrawan besar Indonesia yang benar-benar melampaui zamannya. Ia terus hidup, bersama keindahan cinta Sitti Nurbaya dan… Selengkapnya »

Rating: 1.0
Harga:Rp 88.000
Order via SMS

628986508779

Format SMS :Judul Buku#Alamat (Sertakan kecamatan dan kode pos)#Nama#No HP#Email
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU : #sitinurbaya
Stok Tersedia
0.4 Kg
26-01-2017
header 728 x 90 3
Detail Produk "Novel SITI NURBAYA Karya MARAH RUSLI"

Jual Novel AZAB DAN SENGSARA Karya MERARI SIREGAR –

Kamu udah punya novel KEREN ini belum? Kami jual novel AZAB DAN SENGSARA dari penerbit BALAI PUSTAKA lho..

Berikut sinopsis novelnya :

Sinopsis Novel SITI NURBAYA Karya MARAH RUSLI

Sinopsis Novel SITI NURBAYA Karya MARAH RUSLI

“Marah Rusli adalah contoh sastrawan besar Indonesia yang benar-benar melampaui zamannya. Ia terus hidup, bersama keindahan cinta Sitti Nurbaya dan Samsulbahri, bersama kenangan dan kebencian orang-orang terhadap peringai Datunk Meringgih yang licik, akan tetapi sekaligus memesona.

Berkali-kali buku Sitti Nurbaya dibaca, berkali-kali pula ditemukan keindahan yang berbeda. Berkali-kali novel ini diperbincangkan, berkali-kali pula ditemukan misteri yang tak sama. Benarkah Samsulbahri adalah tokoh yang baik? Mengapa Datuk Meringgih yang digambarkan jahat pada akhir cerita menjadi patriot yang membela tanah air, dan kemudian wafat dengan darah membasahi ibu pertiwi? Siapakah sesungguhnya yang menjadi pahlawan?

Inilah novel tentang cinta yang indah, tentang patriotisme, dan tentang perjuangan nilai-nilai kemanusiaan yang selalu ada pada tiap zaman. Karena itulah, novel ini menjadi abadi.”

Joni Ariadinata, redaktur Majalah Horison

 

“Apabila kita membaca kembali novel Sitti Nurbaya karya Marah Rusli maka sangat boleh jadi kita akan menemukan makna-makna baru.”

Maman S. Mahayana, Kritikus Sastra

REVIEW NOVEL SITI NURBAYA Karya MARAH RUSLI

Awal mula baca halaman2 awal saya merasa salah memilih bacaan karena melihat bahasa yang dipakai adalah bahasa melayu. Saya kira saya membaca novel ini dengan terjemahan melayu karena jujur aja banyak kosa kata yang saya gak ngerti, seperti bendi, bedil, “bisa” jadi “boleh”, ada jadi adalah, sebagai bisa bermakna seolah atau seperti, dan lain-lain. Tapi ternyata setelah searching di google memang bahasa yang dipakai penulis adalah melayu. Nah, karena saya penasaran kisah Sitti Nurbaya yang sebenarnya, jadi saya lanjut baca. Dulu mungkin pas jaman2 SD atau SMP novel ini amat terkenal bahkan boleh jadi di beberapa sekolah sempat dijadikan tugas untuk menulis unsur intrinsik yang terkandung di novel ini. Walaupun begitu, saya lupa dulu kebagian tugas seperti itu apa nggak hehe.

Yah setelah habis membacanya, akhirnya saya bisa mengetahui kebenarannya bahwa kisah Nurbaya yang sering diidentikkan dengan kawin paksa ternyata bukan atas dasar kemauan orang tuanya melainkan Nur terpaksa menerima lamaran Datuk Maringgih (Meringgih atau Maringgih? Lupakan) disebabkan hutang yang tidak mampu dibayar. Padahal Ayah Nur demi melunasi hutang2nya, ia mati2an kerja dan gak ada sedikitpun keinginan menyerahkan putri semata wayangnya itu ke Datuk karena pada masa itu Datuk ini dikenal bakhil, picik, buruk rupanya, pokoknya gak ada bagus2nya deh. Pada akhirnya Ayah Nur dihadapkan oleh dua pilihan, apa pilihannya? Silakan baca sendiri biar seru menggelitik kikikikik.

Mungkin karena yang menulis bukan sembarang orang, entah kenapa saya tetap asyik membacanya. Terlebih banyak tema yang di bahas di buku ini. Poligami, emansipasi, adat Minang, dan saya jadi tahu apa itu belasting walaupun udah gak jaman lagi di era sekarang.

Alurnya gak bisa ditebak dan cukup sedih apalagi begitu Samsulbahri tahu Nurbaya meninggal karena diracun oleh anak buah Datuk Maringgih disebabkan dendam kesumat. Entah kenapa si Datuk ini mirip banget ama Mr.Krab yanng bakhilnya seluas langit dan bumi. Dan yang saya heran setiap membaca bagian Nur, yang terbayang di kepala saya malah Nia Ramadhani hahahahaha mungkin karena dulu novel ini pernah dibikin sinetron dan kebetulan pemerannya Nia Ramadhani. Empat bintang buat novel ini.

(Merina Ilmasari, Goodreads Indonesia)

=========================================

Saya tidak mengerti pada pendapat yang mengatakan novel ini begitu menjemukkan, katanya.

Saya mendapati novel ini begitu menarik sedari awal hingga akhirnya. Selain kisah tragis percintaan yang ada pada buku ini, yang meninggalkan sesak di dada ketika harus menutup lembaran akhir buku, keunikan cinta-cintaan antara Samsulbahri dan Sitti Nurbaya yang penuh dengan pantun dan puisi pun menarik bagi saya. Selain itu, dikarenakan ini karya anak negeri yang menjadi cermin bangsa ini pada masa itu, maka bertambah pula penilaian saya akan karya ini.

 
(Abieffandi, Goodreads Indonesia)  

============================================

baru kali ini membaca kisah legendaris ini secara utuh, cerita tentang Samsul bahri dan Sitti Nurbaya. mungkin telah banyak review tentang buku ini, menurut saya Marah Rusli menyajikan jalan cerita yang sungguh menarik dalam novel ini, dimana klimaks ceritanya sungguh tak dinyana sebelumnya. ditulis dengan gaya bahasa melayu (my favourite), novel ini sarat akan kritik sosial akan keadaan kaum perempuan di masa itu dan juga penuh akan pesan moral. seperti karya nya yg lain semacam “memang jodoh”, dalam karyanya ini pun Marah Rusli menyampaikan kritiknya terhadap adat istiadat di Padang pada waktu itu. bagi saya novel ini lebih dari sekedar cerita yang penuh dengan nasehat, tetapi nasehat yang diceritakan. really worth reading

(Eko Setyo Wacono, Goodreads Indonesia)

 

=========================================

Belanja Sambil Berbagi : Dengan membeli buku di BursaBukuBerkualitas berarti telah BERBAGI #BuatMerekaTersenyum, karena 10% laba usaha kami, disisihkan untuk kegiatan sosial komunitas Pecinta Anak Yatim & Doeafa Indonesia Tercinta Jazaakumullah… :)

=============================================================

incoming search terms :

jual novel siti nurbaya
jual buku marah rusli
harga novel siti nurbaya
sinopsis novel siti nurbaya
review novel siti nurbaya
siti nurbaya
buku marah rusli
toko buku online indonesia
toko buku di jakarta
cara pesan buku
jual buku sastra
jual buku bagus

header 728 x 90 3

Tags: , , , , , , , , ,