Hari Ini:

Jumat 23 Dec 2016

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 17.00

Telpon:

021-54376061

SMS/Whatsapp:

0898.6508.779

Line ID:

bursabukuid

BB Messenger:

D5B450C3

Resensi Buku Biografi Usman Bin Affan

29 October 2015 - Kategori Blog

Resensi Buku Biografi Usman Bin Affan –

jual-buku-biografi-usman-bin-affan

Judul buku : Usman bin Affan “Antara Kekhalifahan dengan Kerajaan”

Penulis buku : Muhammad Husain Haekal

Penerjemah buku : Ali Audah

Penerbit buku : PT. Pustaka Litera AntarNusa

Halaman : 154 hal

Harga Buku : Rp 130.000

 

Utsman adalah khalifah ketiga yang memerintah dari tahun 644 ( umur 69-70 tahun ) hingga 656 (selama 11-12 tahun ) selain itu sahabat nabi yang satu ini memiliki sifat yang sangat pemalu.

Ustman bi Affan selain khalifah ketiga dalam Khulafaur Rasyidin ia juga sahabat Nabi . Ia dikenal sebagai pedagang kaya raya dan ekonomi yang handal namun sangat dermawan. Banyak bantuan ekonomi yang diberikannya kepada umat islam diawal dakwah islam. Ia mendapat julukan Dzun Nurain yang berarti yang memiliki dua cahaya. Julukan ini didapat karena utsman telah menikahi puteri kedua dan ketiga dari Rasulullah Saw yaitu Ruqayah dan Ummu Kaltsum.

Dalam buku ini dibahas sebab –sebab yang melahirkan system kekhalifahan sampai berubah menjadi kerajaan yang turun – temurun diwarisi oleh Banu Ummayah lalu oleh Banu Abbas  dan selanjutnya oleh mereka yang datang sesudah itu. Jika ditakdirkan dapat diselesaikan ditangannya, perubahan dalam system pemerintahan islam dan segala factor politiknya itulah yang merupakan hal sangat penting yang  mencangkup studi ini. Kalau ini sampai menjadi kenyataan niscaya buku ini akan terbit dalam bentuk yang berbeda sekali dari keadaannya yang sekarang.

Dr. Haekal mulai mengadakan studi tentang masa Usman ini sekitar tahun 1945 dengan tujuan hendak meneruskan studi- studinya tentang Islam yang sudah dimulainya dari Sejarah Hidup Muhammad.

Selain itu, dalam buku ini menguraikan rangkuman peristiwa Majelis Syura untuk pemilihan khalifah pengganti khalifah Umar bin Khattab. Persaingan antara Banu Hasyim dan Banu Umayyah memperebutkan jabatan khalifah, sampai terpilih dan dilantiknya Usman.

Dilema pertama yang dihadapinya menyelesaikan masalah hokum setelah Umar, sampai terjadinya pergolakan dibeberapa daerah. Sikap Banu Hasyim terdapat pemerintahan Usman dan sikap kabilah- kabilah terhadap kekuasaan quraisy dan muncullah tokoh –tokoh misterius yang lebih banyak diwarnai oleh ambisi politik, disusul timbulnya fitnah dan peristiwa tragis sampai khalifah Usman sendiri, menjadi korban mereka walau usman tidak bersalah dalam hal tersebut.

Seputar penulis buku “Dr. Haekal sebagai sastrawan terkemuka dunai Arab, ia terkenal juga sebagai biographer yang mempunyai wawasan, cermat dan punya kesabaran meneliti, kadang sampai kesoal yang sekecil –kecilnya, Dr. Ahmad Muhammad Husain Haekal adalah putra bungsu almarhum Dr. Haekal.

==========================================

Cara Cepat Pesan / Beli Buku Biografi Usman Bin Affan

Caranya hubungi kami di WA/LINE : 0898.6508.779 dan PIN BB : 5872795E

Dapatkan BONUS KHUSUS bagi yang belanja minimal 2 buku di BursaBukuBerkualitas

=========================================

Belanja Sambil Berbagi : Dengan membeli buku di BursaBukuBerkualitas berarti telah BERBAGI #BuatMerekaTersenyum, karena 10% laba usaha kami, disisihkan untuk kegiatan sosial komunitas

Jazaakumullah… 🙂

 

Facebook Comments

, , , , ,